Uji Emisi di Jakarta Utara Layani 417 Kendaraan Bermotor

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Layanan uji emisi gratis yang digelar Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara di tiga lokasi, mulai Selasa (2/4) hingga Jumat (5/4) lalu, tercatat telah diakses oleh 417 kendaraan bermotor. 

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Slamet Riyadi mengatakan, sebanyak 262 unit kendaraan mengikuti layanan uji emisi di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, 83 unit kendaraan di Mal Artha Gading, dan 72 unit kendaraan Kawasan Berikat Nasional (KBN), Cilincing.

"Dari total jumlah kendaraan yang mengakses uji emisi, 304 di antaranya berbahan bakar bensin dan 113 kendaraan berbahan bakar solar," ujar Slamet, Senin (8/4). 

Dilanjutkan Slamet, saat uji emisi di kantor Wali Kota Jakarta Utara tercatat 164 unit kendaraan berbahan bakar bensin lolos uji emisi dan delapan kendaraan lain dinyatakan tidak lolos. Sedangkan kendaraan berbahan solar yang lulus uji emisi sebanyak 56 unit dan 34 unit tidak lolos uji. 

Sementara di Mal Artha Gading, dari 83 unit kendaraan yang diuji tercatat 70 unit kendaraan berbahan bakar bensin atau seluruhnya dinyatakan lolos uji emisi. Untuk kendaraan berbahan bakar solar ada sembilan unit yang dinyatakan lolos uji emisi dan empat tidak lolos. 

“Kalau di KBN, 59 unit kendaraan berbahan bakar bensin lolos uji emisi dan tiga lainnya tidak. Kendaraan berbahan solarnya yang lolos uji emisi enam unit dan empat tidak,” tandasnya.(p/ab)